Selasa, 15 Januari 2013

Desa Jombok

Oleh Wong Ngantang - Selasa, Januari 15, 2013 | 3 comments

Desa Jombok adalah desa paling utara di Kecamatan Ngantang yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kasembon. Desa Jombok memiliki 6 dusun, yaitu Dusun Kasin, Dusun Songkorejo, Dusun Ngembul, Dusun Bulurejo, Dusun Krajan dan Dusun Kedawung. Dusun Kasin adalah Dusun yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Kasembon.

Wilayah Desa Jombok yang berbukit dan bergelombang membuat Desa Jombok subur dan memiliki banyak sumber mata air. Oleh karena itu mayoritas penduduk Desa Jombok bermata pencaharian petani dan peternak. Tahun 2012 kepadatan penduduk Desa Jombok mencapai 4.823 jiwa, dan diantaranya keluarga petani mencapai 944 dari 1293 kepala keluarga. Dari total luas wilayah 486.748 ha, 161,5 ha wilayahnya digunakan untuk lahan pertanian. Sementara untuk peternakan mampu memproduksi susu sapi 5.475.000 liter per tahun.


Produktifitas tinggi di Desa Jombok membuat kecilnya angka kriminalitas. Bahkan di tahun 2012 tidak tercatat satupun angka kriminalitas di Desa Jombok. Jika di kalkulasi pendapatan perkapita dari sektor pertanian untuk setiap rumah tangga pertanian Rp. 82.350.000 dan pendapatan perkapita dari sektor peternakan untuk setiap rumah tangga peternakan Rp. 1.944.000.000.

Dari angka tersebut sudah menjadi tolak ukur tentang keadaan rumah penduduk yang mayoritas berbahan material tembok permanen. Meskipun mayoritas penduduknya hanya lulusan SMP dan SMA, Desa Jombok tidak bisa lagi disebut sebagai Desa Tertinggal. Suci Yanik/Rendra Hananta-ngantang.com


Sumber Informasi : Kantor Desa Jombok
Foto : Rendra Hananta
Lokasi : Desa Jombok


Related Post



3 komentar:

  1. Nice ..two thumbs up ...
    Desa ku yang kucinta ..pujaan hatiku ...tempat ayah dan bunda ..dan handai taulanku...
    Walaupun banyak negeri kujalani ....tetapi kampung dan halamanaku...di sanalah ku rasa senang.....Kngen Jombok jadinya...
    Pengen pulang.......tapi masi nuntut ilmu di negeri orang.....
    Pulang ntar bangun desa...ayooooo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi inget masa kecil mbak nen!

      Hapus
  2. maju terus jombok...ingat saat KKN dulu di Jombok

    BalasHapus

Blogger Template by Clairvo