Sabtu, 10 November 2012

Semangat Hari Pahlawan SMP Veteran Ngantang

Oleh Wong Ngantang - Sabtu, November 10, 2012 | 4 comments

SMP Vetetan Ngantang adalah salah satu SMP Swasta di Ngantang yang terletak di depan Bukit Kuwung bersebelahan dengan SMA Negeri 01 Ngantang. SMP ini bisa dikatakan paling produktif dan aktif dalam melaksanakan kegiatan pada Hari Besar Nasional. Salah satunya adalah kegiatan "Lomba Kreasi Seni dan Musik Tradisional Dalam Perjuangan 2012" dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November.

Berikut Adalah Liputan Team NgantangDotCom
Pembukaan acara ini dibuka dengan lagu Gebyar Gebyar yaitu lagu khas SMP Veteran setiap melaksanakan kegiatan yang dinyanyikan oleh dewan guru dan staff beserta seluruh siswa. Saat tim ngantang.com sampai di pintu gerbang sekolah Pak Zhein guru kesenian SMP Veteran menyambut dengan ramah. Lomba yang mengusung tema musik tradisional ini dilaksanakan cukup antusias oleh para siswa SMP Veteran. Perlombaan itu sendiri bebas mementaskan semua ide kreatif siswa mulai dari menyanyi, menari, baca puisi, drama dan kesenian lainnya namun wajib dengan background musik tradisional.

Lomba yang berlangsung begitu meriah ini menjadi lebih cair karena ditengah break untuk istirahat Pak Udin sebagai juri lomba diselipkan acara dangdut. Hingga siang hari para siswa tak jenuh berjoget bersama meskipun panas terik matahari menyengat kulit mereka dan debu yang berterbangan menutupi wajah wajah ceria mereka. Tak hanya siswa yang berjoget bersama, tetapi Pak Eko yang meng - handel semua acara ini juga turut turun ke lapangan untuk berjoget bersama. Keringat dan peluh mereka semua nyaris tidak dirasakan karena tertutupi dengan rasa keceriaan akan antusisme kegiatan ini. Di tambah lagi serunya Pak Danang yang menjadi MC dengan berpakaian tentara lengkap.

Dalam acara ini seluruh keluarga besar SMP Veteran turut terlibat di dalamnya. karena dalam memperingati Hari Pahlawan ini semua murid, dewan guru dan staff diwajibkan mengenakan pakaian bernuansakan jaman perjuangan. Hal itu membuat suasana di SMP Veteran terlihat sangat nasionalis dan patriotik dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November di tahun 2012 ini.

Kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan di tahun ajaran ini saja, tetapi sudah menjadi tradisi SMP Veteran sejak tahun 2004 dalam memperingati bermacam-macam Hari Nasional dan Hari Besar Agama. Dengan didukungnya keberadaan guru yang kreatif, setiap tahun dan setiap kegiatan SMP Veteran selalu membawa ide dan konsep yang selalu berbeda. Salah satu ide paling kreatif dan paling dramatis adalah Memperebutkan Bendera Merah Putih di Puncak Bukit Kuwung dalam rangka Hari Pahlawan di tahun 2004 lalu.

Besarnya ide kreatif dan konsep yang dapat dilaksanakan bukan berarti tanpa kendala. Tentunya semakin besarnya ide turut berbanding lurus dengan anggaran yang dibutuhkan. Kendala - kendala seperti itu seakan tidak berlaku untuk SMP Veteran. Terlihat seperti acara tahun ini, dengan desain dan acara minimalis, SMP Veteran tidak mengurangi sedikitpun nilai nasionalis dan meriahnya lomba.

Karena menurut Pak Eko yang mengatur semua acara tahun ini, kegiatan semacam ini punya banyak tujuan positif dan harus tetap dilaksanakan. Selain membangun kesadaran jiwa muda untuk menghargai arti kemerdekaan, mencari bakat siswa di bidang seni, juga untuk memupuk kebersamaan antara guru dan murid. Tentu saja ini juga akan menjadi agenda tahunan SMP Veteran dan menjadi kebanggan sekolah.

Sudah selayaknya SMP Veteran mendapat apresiasi khusus dalam melaksakan kegiatan - kegiatan seperti ini yang dapat menjadi inspirasi sekolah lain di Ngantang atau bahkan di seluruh Indonesia. Tim ngantang.com sendiri sudah mendapat izin khusus untuk meliput setiap kegiatan positif seperti ini di SMP Veteran. Setelah mendapat apresisasi positif dari Pak Giono selaku Kepala Sekolah SMP Veteran Ngantang.Hingga selesai meliput, tim ngantnag.com diberi sambutan ramah tamah sebelum berpamitan pulang. (Bayu Eswe/Wijaya Anjang-ngantang.com)




Foto : Hermawan
Lokasi : SMP Veteran Ngantang

Related Post



4 komentar:

  1. pemenangnya mana pak kok gak di tampilkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..karena pemenangnya tidak langsung di umumkan jadi kita tidak bisa langsung menyertakan kelas berapa yang menjadi pemenang..

      Hapus
  2. lumpia_anget@yahoo.com15 November 2012 10.37

    Salam buat bapak ibu guru Bpk sugiono, Bpk ponadi dll smg sehat sll n SMP VETERAN mg smkin maju amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salamnya insyaallah tersampaikan...solanya beliaunya pasti baca pst ini....

      Hapus

Blogger Template by Clairvo