Selasa, 27 November 2012

Desa Pagersari

Oleh Wong Ngantang - Selasa, November 27, 2012 | 0 comments


Desa Pagersari adalah salah satu dari 13 (tiga belas) desa di Wilayah Kecamatan Ngantang yang terletak antara 70481 15” – 7057125” LS antara 1120 181 30” – 1120 261  30” dengan ketinggian antara 775-1100 M dari permukaan laut yang berada disebelah barat Kabupaten Malang, sebelah selatan Kecamatan Ngantang dengan batas-batas wilayah yaitu : Utara Desa Sidodadi, Selatan Desa Krisik (Kab. Blitar), Barat dan Timur dengan hutan.

Selain itu Desa Pagersari memiliki kemiringan wilayah 15% - 55%, dengan suhu rata-rata 220 C dengan curah hujan 2240. Jenis tanah yang dimiliki oleh Desa Pagersari antara lain Regosol (Entisol) deretan kaki Gunung Kelud.
Sedangkan luas wilayah desa Pagersari 186,5 Ha. Dengan distribusi peruntukan tanah :
·        Lahan Pertanian --> 61      Ha
·        Perkebunan --> 6        Ha
·        Hutan --> 24.5   Ha
·        Pemukiman --> 94      Ha
·        Lain-lain --> Ha

Secara administratif wilayah Desa Pagersari terdiri dari 4 dusun yaitu; Dusun Gombong, Dusun Krajan, Dusun Claket dan Dusun Sumbersari, dibagi menjadi 17 RT,4 RW Dengan jumlah penduduk sebanyak 3678  jiwa terdiri dari 2575 jiwa laki-laki dan 1103 perempuan. Dusun Krajan adalah pusat tempat keramaian di Desa Pagersari, sedangkan Dusun Sumbersari memiliki luas wilayah paling besar namun tidak semua tempat memiliki aliran listrik.

Tingkat pendidikan yang ada di Desa Pagersari meliputi:
·        Tidak Tamat SD --> 150    Orang
·        SD/sederajat --> 2730  Orang
·        SLTP/sederajat --> 100    Orang
·        MU/sederajat --> 50      Orang

Sarana pendidikan yang dimiliki desa pagersari meliputi:
·        TK --> 1        Gedung
·        SD/MI --> 2        Gedung
·        SLTP/MTS --> 1        Gedung
·        SMU/SMK/MA--> tidak ada

Jumlah sarana keagamaan meliputi:
·        Masjid --> 4              buah     
·        Gereja --> tidak ada
·        Kuil  --> tidak ada
·        Vihara --> tidak ada

Mata Pencaharian meliputi:
·        PNS --> 10      Orang
·        TNI/POLRI --> 1        Orang
·        Swasta --> 100    Orang
·        Petani --> 950    Orang
·        Wiraswasta --> 75      Orang
·        Buruh --> 1000  Orang
·        Lainya --> 100    Orang

Jumlah hasil panen pertanian/tahun :
·        Padi --> 10      Ton
·        Tembakau --> tidak ada
·        Kedelai --> tidak ada
·        Kacang Tanah --> tidak ada
·        Kacang hijau --> tidak ada
·        Jagung --> 6        Ton
·        Singkong --> 6        Ton
·        Ubi --> 3        Ton

Jumlah hewan ternak & perikanan :
·        Sapi --> 950    Ekor
·        Kerbau --> tidak ada
·        Kuda --> tidak ada
·        Kambing --> 200    Ekor
·        Itik --> tidak ada
·        Ayam --> 1000  Ekor
·        Unggas lain --> 200    Ekor
  
Desa Pagersari merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Ngantang dimana desa ini dapat dikatakan menjadi salah satu desa yang tertinggal diantara desa-desa yang ada di Kecamatan Ngantang, baik dari segi administrasi, infrastrukur, maupun sumber daya manusia yang dimiliki. Desa Pagersari adaah desa yang terletak di pinggir Kecamatan Ngantang yang merupakan perbatasan dari Kabupaten Malang dengan Kabupaten Blitar. Berdasarkan letaknya yang strategis berada di kawasan perbatasan seharusnya Desa Pagersari ini menjadi desa yang tidak tertinggal dengan desa-desa lain yang berada di wilayah Kecamatan Ngantang.

Penataan administrasi di Desa Pagersari masih jauh dari kata sempurna karena kurangnya kesadaran dari perangkat desa tentang pentingnya tertib administrasi. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya kekurangan data-data yang diterima Kecamatan Ngantang tentang Desa Pagersari. Selain itu juga kurang adanya peran aktif dari sebagian perangkat desa dan tokoh masyarakat yang terlibat dalam kegiatan opersional administrasi desa. Oleh karenanya terlebih dahulu harus memberikan penyuluhan akan kesadaran pentingnya administrasi demi terciptanya Desa Pegersari yang lebih baik dari sebelumnya.

Selain administrasi, bangunan infrastruktur yang dimiliki oleh Desa Pagersari sendiri juga tidak jauh berbeda dengan penataan administrasi  yaitu dapat dikatakan buruk. Karena masih banyak bangunan-bangunan yang sudah tidak layak pakai terutama jalan utama Desa Pagersari yang menghubungkan antara Desa Krisik Kabupaten Blitar dengan Dusun Sumbersari Desa Pagersari masih bergelombang dan berlubang itu disebabkan penataan drainase air yang buruk. Selain itu jalan-jalan menuju dusun masih banyak yang berbatuan (makadam). Disamping itu penerangan jalan desa juga belum begitu maksimal terutama di dusun Sumbersari yang terletak tepat di perbatasan Desa Krisik Kabupaten Blitar penerangan baik jalan maupun rumah penduduk belum mendapat pelayanan listrik sepenuhnya sehingga menggunakan saluran listrik dari Kabupatern Blitar yang seharusnya bukan menjadi tanggung jawabnya. Disamping saluran listrik yang kurang di Desa Pagersari juga kekurangan pasokan air minum yang mana pasokan air minum yang ada sekarang masih belum bisa mencukupi seluruh kebutuhan masyarakat.

Perbatasan Desa Pagersari dengan Desa Krisik Kabupaten Blitar kurang begitu terlihat, hal ini di sebabkan karena tidak adanya tugu atau gapura pembatas yang jelas yang menunjukkan bahwa desa tersebut adalah Desa Pagersari Kecamatan Ngantang.

Kekurangan-kekurangan yang ada tersebut dapat di atasi dengan adanya perbaikan sumber daya manusia yang ada di Desa Pagersari. Pada kenyataannya sumber daya manusia yang ada di Desa Pagersari kurang mengerti serta tanggap terhadap masalah-masalah yang ada di desanya serta terobosan-terobosan yang mungkin dapat dijadikan peluang untuk memajukan desa. Oleh karenanya langkah awal yang hendaknya di perbaiki adalah sumber daya manusia Desa Pagersari dengan cara memberikan penyuluhan yang berkesinambungan.

Meskipun banyak kekurangan Desa Pagersari juga memiliki banyak potensi yang berasal dari sumber daya alam. Yang mana sebagian besar wilayahnya berupa hutan. Dengan melihat potensi yang ada tersebut peluang untuk menjadikan Desa Pagersari menjadi desa yang tidak tertinggal dapat terbuka lebar. Selain hutan kesuburan tanah yang ada di Desa Pagersari sangat tinggi sehingga hasil pertanian dapat berlimpah. Selain itu cuaca desa Pagersari mendukung mayoritas penduduk Desa Pagersari menjadi peternak sapi perah. Sehingga sebagian lahan yang di miliki di tanami tanaman makanan ternak sapi.

Dengan melihat kekurangan dan potensi yang dimiliki oleh desa Pagersari dapat kita lihat masih banyak kekurangannya sehingga layak disebut sebagai desa tertinggal. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan pembangunan dari berbagai sektor untuk menjadikan Desa Pagersari tidak tertinggal bahkan sama dengan atau lebih dari desa-desa lain yang ada di Kecamatan Ngantang. Maka dari itu perlu adanya kecermatan dan tanggap terhadap potensi dan terobosan-terobosan yang ada.  (Kantor Desa Pagersari-ngantang.com)

Foto : Dukomentasi Desa Pagersari
Lokasi : Dusun Sumbersari Desa Pagersari

Related Post



0 komentar:

Blogger Template by Clairvo