Senin, 26 November 2012

Pencak GOPI Ngantang

Oleh Wong Ngantang - Senin, November 26, 2012 | 0 comments

Pencak Silat adalah kesenian asli dari Indonesia. Di Ngantang, seni pertunjukan Pencak Silat ada beragam macamnya. Tapi untuk saat ini yang banyak diminati adalah Gerakan Olahraga Pencak Indonesia atau yang lebih dikenal dengan “Pencak Gopi Kaumrejo Ngantang”. Seluruh warga Ngantang pastilah tahu pencak Gopi, jangan bilang warga Ngantang kalau nggak tahu Pencak Gopi!

Pencak Gopi adalah seni andalan kecamatan Ngantang. Mula-mula bernama “Pencak Prabon” karena pendirinya berasal dari Dusun Prabon Kecamatan Ngantang, yaitu Alm. Bapak Prawir. Nama Gopi sendiri diberikan langsung oleh Dinas Kabupaten Malang.

Karena Pencak Prabon sudah menjadi Pencak Gopi, aksi yang ditunjukkan pun tidak kalah menarik dari pencak silat lainya, mulai dari aksi pencak silat individu, aksi duel dengan menggunakan senjata, aksi obor, bahkan yang paling baru adalah atraksi-atraksi sulap serta berbagai aksi menantang lainnya. Di setiap pertunjukannya, aksi yang paling di tunggu–tunggu adalah aksi ‘’bantengan’’ dan ‘’macanan’’ yang langsung mengakibatkan membludaknya penonton saat aksi tersebut dimulai. Para pemainnya juga tak tanggung – tanggung mulai dari tua, muda, laki – laki, bahkan sekarang juga ada yang wanita.



Itu sekilas tentang Pencak Gopi Kaumrejo Ngantang, yang merupakan kesenian tradisional dan harus dikembangkan dan dilestarikan. Salut untuk para pemuda yang bergabung dalam Pencak Gopi, itu salah satu wujud gerakan pemuda-pemudi dalam bidang melestarikan kesenian asli Indonesia tanpa rasa malu. Oya, kalau ingin bergabung dalam Pencak Gopi Kaumrejo Ngantang langasung saja bilang ke ketuanya Bpk. Suwaji (Desa Kaumrejo, Ngantang), tanpa syarat(Suci Yanik – ngantang.com)

Foto : Rendra Hananta
Lokasi : Desa Kaumrejo

Related Post



0 komentar:

Blogger Template by Clairvo