Jumat, 23 November 2012

Bendungan Selorejo Ngantang

Oleh Wong Ngantang - Jumat, November 23, 2012 | , 0 comments

Taman Wisata Bendungan Selorejo atau yang biasa disingkat dengan Bendungan Selorejo atau juga  sering dipanggil Waduk Selorejo merupakan ikon wisata utama di Kecamatan Ngantang. Taman wisata yang terletak di antara Gunung Kelud, Gunung Kawi dan jejeran pegunungan lainnya ini membuat kawasan wisata ini sejuk dan asri. Ditambah dengan pemandangan alam yang sangat indah pasti akan mengukir kesan tersendiri di hati para pengunjungnya.

Sebagai objek wisata, Waduk Selorejo menyajikan keunikan tersendiri. Taman wisata ini dibagi menjadi dua bagian oleh sebuah sungai, yaitu bagian barat dan timur. Kedua bagian ini memiliki objek yang berbeda pula. Di bagian timurnya terdapat kolam renang, cottage, villa, hotel, restoran, bale air, dll. Di bagian timur ini juga terdapat monumen pesawat jet yang konon katanya berasal dari pesawat sungguhan pada masa penjajahan, tentu saja sekarang hanya tinggal rangka luarnya saja yang dipajang di sana.

Di bagian barat, merupakan lokasi wisata utama dari Selorejo beserta tempat kulinernya.  Di bagian ini terdapat banyak warung warung yang menjajakan sajian khas Selorejo, berbagai macam olahan ikan baik digoreng maupun dibakar yang kemudian kebanyakan disajikan dalam bentuk lalapan. Selain itu juga banyak toko toko yang menjual souvenir untuk oleh oleh. Tak lupa berbagai perahu yang menunggu untuk ditumpangi para pengunjung, baik perahu motor atau perahu dayung, berjajar di tepi bendungan siap untuk mengajak penumpangnya berkeliling bendungan.

Kedua bagian ini dihubungkan oleh sebuah jembatan gantung. Sesuai dengan namanya, jembatan ini dibangun dengan konstruksi gantung dengan tali baja. Oleh sebab itu, jika kita berjalan melintasinya akan terasa sensasi tersendiri, yaitu jembatan akan bergoyang-goyang sesuai dengan langkah kaki kita.

Selain sarana-prasarana wisata yang telah dipilah menurut kedua bagian itu, masih terdapat fasilitas lain yang bisa dibilang tidak terikat dengan kedua bagian Selorejo tersebut.Fasilitas tersebut antara lain seperti outbond, camping, memancing, petik buah jambu di Kebun Jambu, dll. Jika ingin mengadakan outbond di areal wisata Selorejo, walaupun spot spot outbond telah banyak tersebar di areal wisata Selorejo,  ada baiknya untuk menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu untuk mendapat persetujuan. 

          Begitu juga jika ingin camping atau berkemah di sini. Walaupun banyak tempat tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah, lebih baik untuk menghubungi pihak pengelola, apalagi jika berencana untuk camping dengan jangka waktu yang lama. Untuk memancing, tak perlu menghubungi pihak pengelola. Asalkan sudah memiliki peralatan memancing, kita bisa langsung memancing di tepi bendungan bagian manapun yang kita suka. Jangan khawatir jika tidak memiliki atau tidak membawa peralatan memancing, di lokasi wisata Selorejo terdapat banyak penjual alat alat memancing lengkap dengan umpannya. Jika hanya ingin berjalan jalan mengitari bendungan bersama keluarga atau pasangan pun telah disediakan jalur khusus di tepi bendungan. Tak lupa, di tengah bendungan terdapat areal khusus kebun jambu dimana kita dapat menikmati wisata khusus petik jambu disana.

Selain sebagai kawasan wisata, Bendungan Selorejo ini juga berfungsi untuk irigasi, sebagai cadangan air untuk musim kemarau dan pengendali banjir pada musim hujan, pembangkit listrik, serta fungsi lainnya. Khusus untuk pembangkit listrik, di bendungan ini terdapat suatu areal khusus untuk mengambil air untuk menggerakkan turbin pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Selorejo. Area khusus ini berada di Spill Way yang berada di bagian paling barat bendungan Selorejo. Sesuai dengan namanya, daerah ini menjadi daerah jalan utama keluarnya air dari bendungan. Spill way ini juga sebagai tanah pembendung air bendungan yang diatasnya dibangun jalan untuk prasarana transportasi menuju dusun dusun di desa  Pandansari selain dusun Plumbang juga untuk menuju ke PLTA itu sendiri. Dari atas spill way ini terlihat dengan jelas gunung Kelud di bagian selatan serta gunung Kawi di bagian timur juga deretan pegunungan lainnya di bagian utara.

 Sebenarnya dulu juga pernah terdapat areal padang golf di kawasan wisata ini. Hanya saja, mungkin karena sepi peminat atau alasan lain, saat ini areal tersebut telah beralih fungsi menjadi tempat penampungan lumpur dari dalam bendungan. Selain itu dulu juga pernah ada jet ski dan ski air, tetapi saat ini sudah tidak dapat ditemukan lagi, sebagai gantinya saat ini sedang dipromosikan banana boat dan arung jeram.

Perlu diketahui juga, Bendungan Selorejo pernah menjadi tempat diselenggarakannya cabang olahraga ski air pada Pekan Olahraga Nasional (PON). Tepatnya pada PON ke XV pada tahun 2000 saat dituanrumahi oleh Jawa Timur. (Iqbal Iko - ngantang.com)

Foto : Rendra Hananta
Lokasi : Waduk Selorejo

Related Post



0 komentar:

Blogger Template by Clairvo