Senin, 12 November 2012

Ngantang Butuh The Agent of Change

Oleh Wong Ngantang - Senin, November 12, 2012 | 1 comment

Bener juga sih... (apanya yg bener?) Ituuu, agent of change! (oo, macem power ranger gitu ?) bukan! (terus?) Lah lu baca gak yg ditulis Gayuh, “NGANTANG BUTUH SEORANG PEMIMPIN”? (Baca kok. Tapi sebagai penulis, harusnya dia ngasih saran yg solutif dan applicapble juga, gak cuma opini) Itu sih bukan Gayuh doang, kita juga harus dong... (kok kita? Elu donk yg pribumi Ngantang) Iya iya, emang kamu tau Ngantang? (tau, yg kalau dari arah Malang-Jombang jalannya berkelok 17 kan?) hahaha, bener! Seru kan jalannya? (pusing iye, udah serasa di sirkuit gitu jalannya. Trus apa saran lu?)


Gini, nglanjutin ide Gayuh, sebenernya kita... (kita? Lu aja kali!) iyee, rakyat Ngantang deh. Rakyat Ngantang kalau MAU merubah desanya menjadi lebih berpotensi salah satunya adalah dengan cara membentuk Karang Taruna (KARTAR). Sebenarnya ga mutlak harus kartar, hanya kita memang butuh wadah untuk menampung aspirasi dan menjalankannya (Loh, emang desa lu belum ada kartar?) hmm, setauku belum... Atau jangan-jangan udah ada, cuma aku yg ga pernah denger, hehehe.

Lanjut ya... misal nih, di desa Tulungrejo kota Batu, disana Kartarnya mengelola dan menjalankan wisatanya. Ada kebun petik apel, donat boat dan flying fox, terus ada juga peternakan sapi dimana para wisatawan bisa memerah susu sapi sendiri (kok lu tau gitu?) pernah KKN disono critanyee. 3 tahun yg lalu waktu aku KKN kartarnya masih proses tumbuh gitu, sekarang udah mulai berkembang. Malah sekarang nama desanya jadi Desa Wisata Tulungrejo (udah ada tambahan WISATANYA gitu ya?) hu’uh dan udah pernah masuk trans7 juga loo... (wah kok malah cenderung ngomongin desa lain. Udah mulai banding-bandingin?) bukan, eh iya siih. Kan kalau kita mau tahu seperti apa diri kita harus ada pembandingnya, tul ga? (bener-bener. Di kasembon juga ada rafting kan? Gue pernah kesana sama temen kantor) ga nanya! (potensi desa lu apa aja sih selain Selorejo? Peternakan juga banyak kan disana?) Banyak dan sekarang udah ada Program SMD -Sarjana Masuk Desa- dari pemerintah dari tahun 2006. Yah, tapi kan kita gak bisa mengharap dan mengandalkan pemerintah terus menerus. Makanya kita butuh teman2 yang punya konsistensi berkelanjutan untuk membangun Ngantang.

(lanjut deh, lu ngomong aja. Gue dengerin sambil makan tempe. Oya, generasi muda juga harus diperhatiin lho!) Banget. Dulu nih, waktu SD, aku sama temen-temen sering main, minjem buku di perpustakaannya Bu Sri puyuh -Ibunya mas Bayu, red- tapi sekarang kayaknya udah gak ada. Sayang banget. Padahal tempat kek gitu bermanfaat banget buat numbuhin minat baca anak-anak (boro-boro, sekarang anak-anak lebih sering mantengin PS dari pada baca buku, adik gue contohnya) yah selama masih wajar sih nggak pa pa, namanya juga hiburan. Cuma mereka ngira hiburan itu hanya didapet dari maen PS aja, padahal baca buku itu termasuk refresing kan... (oke-oke, eniwe kripiknya boleh ya buat gue. Tempenya habis) makan aja, yang penting jangan lupa buang sampah pada tempatnya (tempatnya dimana?) tuh, di kolong tempat tidur! (wah, sama aja lu, jorok. payah!) hahaha...

#kapan ya Ngantang punya rumah baca? (Intan Crystal-ngantang.com)

Foto : Rendra Hananta
Lokasi : Rumah Bu Sri Puyuh

Related Post



1 komentar:

  1. Ngantang punya potensi yg bagus untuk dikembangkan.
    perlu generasi-generasi muda yang bersemngat untuk menjadikan Ngantang lebih baik.

    Nice artikel, keep move On.... :)

    BalasHapus

Blogger Template by Clairvo