Jumat, 30 November 2012

Sungai Konto

Oleh Wong Ngantang - Jumat, November 30, 2012 | 0 comments

Sungai Konto merupakan salah satu sungai besar di Kecamatan Ngantang.Sungai ini mengalir berdampingan dengan jalan raya Malang – Kediri. Bersama beberapa sungai kecil lain,  Sungai Konto yang bersumber dari dataran tinggi di Kecamatan Pujon ini berakhir dan dibendung di Ngantang menjadi bendungan yang kini disebut Bendungan Selorejo. Tujuan pembuatan itu sendiri dimanfaatkan untuk irigasi dan pariwisata. Sungai yang berwarna coklat karena mengandung material erosi ini termasuk sungai yang berarus deras dan berkelok kelok khas sungai pegunungan.

Sungai ini mengalir melintasi Kecamatan Ngantang yang mengakibatkan daerah Ngantang menjadi seolah olah terbelah menjadi dua, yaitu Ngantang daerah “Lor Konto” dan “Kidul Konto”. Gambar diatas adalah jalan alternatif para petani dari Lor Konto dan Kidul Konto yaitu dari Dusun Kambal Desa Mulyorejo menuju Dusun nJeruk Desa Purworejo.

Karena letaknya yang berdampingan mepet dengan jalan raya, sungai ini sering “membahayakan” jalan itu sendiri. Seperti beberapa waktu lalu, sungai yang biasa disebut Kali Konto ini banjir. Banjir pada bulan Maret 2010 itu mengakibatkan runtuhnya jembatan di Ngeprih (Pujon). Runtuhnya jembatan ini otomatis membuat jalan Malang – Kediri menjadi lumpuh dikarenakan jembatan ini merupakan akses jalan raya utama rute Malang – Kediri. Banjir tersebut berdampak pada aliran sungai Konto di daerah Ngantang, dimana material hasil erosi terbawa sampai di Ngantang. Selain kejadian banjir dan meruntuhkan jembatan itu, sungai ini seringkali melongsorkan jalan raya di sebelahnya, sehingga tak jarang transportasi menjadi terganggu bahkan kadang sampai tak dapat dilewati sama sekali. (Iqbal Iko – ngantang.com)

Foto : Rendra Hananta
Lokasi : Kali Konto

Related Post



0 komentar:

Blogger Template by Clairvo