Sabtu, 17 November 2012

Orang Ngantang Yang Merantau Ke Hong Kong

Oleh Wong Ngantang - Sabtu, November 17, 2012 | 0 comments

Setelah mengulas warga Sumberagung yang merantau ke Bali pada potingan sebelumnya, kali ini kita akan mengulas tentang warga Lajo yang merantau ke Happy Valley, Hong Kong. Sebut saja namanya adalah Aniek Yulaeka, sebelum sampai di Happy Valley dia juga pernah merantau ke Surabaya kemudian merantau ke Macao, untuk lebih jelasnya silahkan simak wawancara berikut ini.

Nama : Aniek Yulaeka 
Tanggal Lahir : 07-08-1988
Alamat : Lajo, Ngantang
Status : Single




Kenapa Anda memutuskan untuk merantau?
Saya ingin mencari pengalaman dan yang paling utama adalah membantu keuangan keluarga.

Dimana tempat Anda merantau?
Saya merantau berpindah-pindah, dulu pernah di Bungurasih, Surabaya bekerja sebagai SPG pada tahun 2006, setelah itu saya pergi merantau ke negara Macau negara bagian China bekerja partime di rumah makan HKG pada tahun 2007, setelah 2 tahun saya berpindah lagi ke Happy Valley, Hong Kong bekerja sebagai pembantu rumah tangga pada tahun 2009 hingga sekarang.

Bagaimana pengalaman Anda saat pertama kali merantau?
Ya dulunya Masih Bingung soalnya masih belum punya pengalaman dan kemampuan bahasa pun belum begitu mahir, baru setelah masuk balai tenaga kerja saya mendapatkan bimbingan belajar bahasa dan cara kerja saya berani untuk bekerja di luar negeri.

Apakah pekerjaan Anda sekarang cukup memuaskan dan membuat Anda nyaman?
Nyaman sekali, sebenarnya kerja dimana-mana itu sama saja, semua tergantung dari kita, meskipun kerjanya ringan tapi kalau tidak niat, ya pasti tidak akan nyaman.

Apakah anda nyaman tinggal di tempat Anda Merantau?
ya begitulah, kalau tidak nyaman mungkin saya sudah pulang dari dulu.

Apa yang saat ini Anda pikirkan tentang Ngantang?
Saya ingin pulang, karena kangen dengan keluarga dan teman-teman saya.

Harapan Anda kedepan untuk Ngantang seperti apa?
Semoga tambah maju dan banyak perubahan, soalnya waktu saya pulang dulu jalan-jalan yang berlubang juga masih belum diperbaiki.

Perbedaan apa yang paling mencolok antara Ngantang dan Happy Valley?
Masalah kebersihan, kalau di Ngantang kayaknya masih kotor karena banyak masyarakat Ngantang yang membuang sampah sembarang.

Saran apa yang ingin Anda sampaikan, jika orang Ngantang ingin pergi merantau ke Hong Kong?
Kalau bisa punya bekal cukup dalam arti kemampuan bahasa dan pendidikan, jangan sampai kena tipu (menjadi TKI ilegal), paling utama harus masuk Agent Resmi karena jika terjadi apa-apa di luar negeri kita bisa minta pertolongan ke pihak Agent.

Berikut wawancara yang kami dapatkan dari obrolan melalui Facebook.
Peta antara Ngantang dan Happy Valley yang diambil dari google maps:



View Larger Map

Bagi warga Ngantang yang ingin berbagi pengalaman saat merantau Anda bisa berkomentar di bawah ini atau bisa langsung menghubungi Admin.

Related Post



0 komentar:

Blogger Template by Clairvo