Rabu, 07 November 2012

Hubungan K - POP dengan NGANTANG

Oleh Wong Ngantang - Rabu, November 07, 2012 | 3 comments

Semua orang pasti tidak asing dengan istilah K - POP atau lagu lagu Korea yang dominan dengan Boy Band dan Girl Band - nya. Tim ekspedisi ngantang.com telah menelusuri jejak K - POP yang menjadi virus di industri musik di Indonesia. Berikut adalah jejak penelusuran sejarah tentang K - POP.

Pada tahun 1980 - an, jauh sebelum adanya Boy Band dan Girl Band, Ngantang sudah punya satu koreografer yang sangat terkenal, satu vocalis yang juga tak kalah populer serta satu lagi cowok smart dari Kaumrejo yang sangat berkarisma dan multitalenta.

Cerita bersejarah ini dimulai waktu Waduk Selorejo kedatangan lima bus pariwisata dari Orlando - Florida - Amerika Serikat. Salah satu tamu dari luar negeri itu ternyata seorang direktur perusahan intertaiment di Negara Bagian Florida tersebut. Rombongan yang menghabiskan waktu satu minggu di Wisma Selorejo itu mengeksplor keseluruhan Waduk Selorejo termasuk melihat tiga pemuda berbakat bernyanyi sekaligus menari.

Setiba di negaranya direktur itu merancang lima anak berusia 17 tahun yang ganteng dan berbakat untuk membuat Boy Band pertama sepanjang sejarah, nama Boy Band itu adalah Backstreet Boys yang di resmikan berdiri pada tahun 1993. Nama itu jika di Bahasa Indonesia - kan adalah "Jalan Belakang Cowok" yang punya maksud membuat terobosan industri musik dunia dengan grup vocal atau dengan sebutan Boy Band yang terinspirasi dari tiga pemuda kampung yang berbakat menyanyi bersamaan dengan menari.

Industri musik juga berjalan sangat pesat di Irlandia. Tidak mau ketinggalan dengan Amerika, Irlandia pun menelursuri jejak berdirinya Backstreet Boys yang rumornya terinspirasi dari desa kecil di Indonesia. Setelah beberapa orang Irlandia itu menyaksikan sendiri bakat ketiga pemuda di Ngantang, selang 5 tahun kemudian terbentuklah Boy Band asal Irlandia dengan tampilan lebih fresh dengan gitar accoustic dan menamai dirinya West Life. Nama itu terinspirasi dari gaya hidup orang Asia khususnya Indonesia yang santun dan ramah atau East Life.


Setelah Backstreet Boys dan West Life booming di seluruh dunia, peminat Boy Band sangat terpuaskan dan mulai bosan. Hal itu terlihat dengan bersinarnya kembali Bon Jovi dengan lagu Always. Keluarnya lagu Always sendiri membuat rekor penjualan album terbesar dan tercepat sepanjang sejarah hingga mencapai penjualan 379.000 kopi dalam minggu pertama dan menduduki puncak chart Oricon di Jepang. Kemudian di susul dengan hadirnya Linkin Park dengan top hits - nya End The End pada akhir tahun 2000 yang menembus angka penjualan album 15 juta copy.


Eksistensi Boy Band yang mulai menurun dan lamanya musik Rock berkibar di top rating membuat Taiwan mencoba pasar industri musik Boy Band kembali. Pada tahun 2002 Taiwan mulai mengenalkan musik yang melancolis dengan munculnya F4. Seperti namanya, F4 yang diambil dari nama type pesawat tempur, melesat tinggi hingga ke seluruh dunia setelah 2 tahun eksis di industri musik.


Awal tahun 2009 Korea yang sudah mempunyai Girl Band dan Boy Band sejak tahun 2005 mulai menghebohkan industri musiknya, Sebut saja Wonder Girl dengan lagu fenomenalnya "Nobody", Girls Generation dengan video clip boneka etalase hidup pada lagu "Gee" dan Super Junior dengan tarian khasnya di lagu "Mr. Simple" yang hingga sekarang semua orang di seluruh dunia menjadi tergila gila karenanya.


Ketiga tokoh legendaris di Ngantang itu sudah benar benar dilupakan namanya bahkan masyarakat Ngantang sendiri juga tidak mengingat lagi kepopuleran mereka dahulu. Hingga pada tahun 2004 sang maestro koreografernya meninggal dunia sebelum populer di industri musik dunia. Hal itu membuat kedua temannya patah semangat dan mengubur mimpi mereka di dunia intertaiment. Formasi brilian itu adalah...


Kastari >> Lead Vocal yang sekarang masih eksis bersenandung di Pasar Ngantang

Sakeman >> Koreografer yang multitalenta yang meninggal pada tahun 2004

Mbit >> Back Up Vocal yang sekarang menjauhi titik keramaian dan menetap di ngGrendi.

Jika anda tidak percaya, maka percayalaaaaahhhh....bahwa anda sekarang kena tipu. (Bayu Eswe-ngantang.com)

Related Post



3 komentar:

  1. kurang siji
    sujut e g melok a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sujut bien solo karir,,albume tau ngedor wong sak ngadirejo e,,hehe

      Hapus
  2. Hhahahahahahahahaha...
    Btw masih hidup kah mereka semua......kangen tahuuuu......jadi ingat pulang sekolah SMP Negeri ....lari kebirit birit...masuk toko mbak Elak gara gara di kejar Kastari .....hahahahahhahahha.....

    BalasHapus

Blogger Template by Clairvo